Saturday, August 8, 2009

Sekolah Jangan Hanya Jual Ijazah

 

            Kuningan NEWS :Sekolah sebagai tempat menuntut ilmu sekaligus sebagai pencetak tenaga ahli di masa depan jangan hanya menjual ijazah sebagai target utama. Karena menurut Kepala Sekolah Bertaraf Internasional SMKN 3 Kuningan Drs Asep M Nuh MPd sekolah sebagai tempat mendidik mempunyai tanggung jawab  untuk membantu si anak agar mendapat pekerjaan yang layak juga melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Kita selaku pendidik punya tanggung jawab moral untuk mencetak anak didik di masa depan maka orientasi sekolah jangan hanya menjual ijazah saja kepada anak karena kita diberi tanggung jawab besar oleh orangtuanya,” kata Asep di ruang kerjanya Selasa (4/8).

            Masih kata Asep bahwa terkadang sekolah hanya mengejar target PSB (penerimaan siswa baru) sebanyak-banyaknya tanpa mempedulikan si anak akan mendapat pekerjaan atau akan jadi apa ke depannya. “Kita disini selaku sekolah kejuruan  mempunyai tanggung jawab untuk mencetak anak didik agar dapat menghidupi dirinya jika hanya anak mendapat ijazah saja kita selaku pendidik sudah bersifat munafii pada diri sendiri,” lanjutnya.

            Saat ini sekolah yang dipimpinnya mempunyai jumlah siswa hamper 1800 an siswa yang terserap dalam berbagai jurusan baik otomotif, computer, sepeda motor ataupun jurusan lainya yang berbasis tekhnologi industry. “Kita dari sekarang akan mulai menjadikan sekolah sebagai tempat home industry bagi para siswa sehingga kita akan dijadikan sub industry bagi industry yang sudah ada,” katanya.

            Jadi dengan dijadikannya sekolah sebagai basis home industry bagi industry sekelas Astra Motor ataupun Bukaka maka para siswa mulai sejak sekolah akan dikenalkanpada dunia wirausaha langsung.(mulus mulyadi).

No comments:

Post a Comment